Detail Data Jurnal

Judul Jurnal
GREEN MARKETING DAN PERSEPSI KONSUMEN DALAM PERILAKU MEMBELI PUPUK ORGANIK DI KABUPATEN BANYUWANGI
Kategori Jurnal
JURNAL EKONOMI DAN MANAJEMEN
Penulis
SUWARSO,-,-
Abstraksi
Isu lingkungan merupakan penomena yang relatif baru yang banyak diperbincangkan. Kerusakan lingkungan yang semakin parah memaksa para pemasar untuk menciptakan konsep baru dalam pemasaran yang dikenal dengan istilah green marketing. Dalam konsep pemasaran ini bagaimana mencari pola pemasaran yang ramah lingkungan, dalam artian bahwa semakin banyak produk yang terjual maka semakin lestari alam ini. Penelitian yang berjudul green marketing dan persepsi konsumen dalam perilaku membeli pupuk organik di Kabupaten Banyuwangi ini menggunakan metode kualitatif dengan maksud agar data yang diperoleh memiliki makna yang dalam. Dalam penelitian ini mengankat suatu penomena yang terjadi yang mana pupuk organik ini sebenarnya mampu membuat produksi pertanian secara lebih baik, namun faktanya belum begitu populer di mata petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya petani sudah mengetahui mengenai pupuk organik, namun di kelompok petani dari kalangan menengah ke bawah masih belum tahu makna secara lebih detail. Minat petani dalam membeli dan menggunakan pupuk organik ini dipengaruhi oleh faktor pengetahuan, tingkat kemudahan dalam pemakaian, tingkat harga, dan motivasi yang mendorong hasil produksi pertanian. Perilaku dalam pembelian pupuk organik lebih dipengaruhi oleh lingkungan, pengalaman dalam menggunakan pupuk organik serta peranan dari penjual itu sendiri. Kata kunci: Green Marketing , kualitatif , behavior , motivasi , interests , persepsi