Detail Data Jurnal

Judul Jurnal
ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KOMITMEN, KOMUNIKASI, DAN PENANGANAN KELUHAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH
Kategori Jurnal
JURNAL PROGRESIF
Penulis
PRISTIWANTIYASIH,-,-
Abstraksi
Bank adalah lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pemberian kredit atau pinjaman. Jasa perbankan merupakan sebuah tuntutan dan kebutuhan masyarakat seiring meningkatnya pengetahuan dan kemajuan tekhnologi. Dalam upaya meningkatkan keunggulan daya saing di industri perbankan, setiap bank hendaklah mampu membuat suatu strategi yang dapat meningkatkan produktivitas dan mutu jasa yang diharapkan. Dapat dikatakan sebuah usaha perbankan haruslah mampu memberikan sebuah pelayanan yang prima, dimana pelayanan tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah keunggulan dibandingkan dengan usaha perbankan lainnya, sehingga mampu bertahan dalam iklim persaingan yang ketat. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan analisa data menggunakan uji instrumen, analisa regresi linear berganda dan uji klasik. Penyebaran kuisioner disebarkan kepada 200 responden yang merupakan nasabah di PT. Bank BRI (Persero) Cabang Banyuwangi. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SPSS v.13.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan secara bersama-sama dan secara parsial diperoleh bahwa kepercayaan, komitmen dan penanganan keluhan berpengaruh terhadap loyalitasnasabah sedangkan komunikasi menujukkan bahwa tidak ada pegaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kata kunci : Kepercayaan, komitmen, komunikasi, penanganan keluhan dan loyalitas nasabah.