Detail Data Jurnal

Judul Jurnal
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. APKOMINDO BANYUWANGI
Kategori Jurnal
JURNAL PROGRESIF
Penulis
HASAN ABDULLAH,-,-
Abstraksi
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan dan produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. APKOMINDO BANYUWANGI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan konsumen PT APKOMINDO BANYUWANGI. Untuk mengaplikasikan tujuan tersebut maka digunakan metode analisis regresi linier berganda maka diperoleh persamaan : Y= -0,919 + 0,218X1 + 0,339X2. Dimana Y= -0,919 adalah konstanta yaitu titik potong antara sumbu tegak dengan garis regresi. Artinya apabila variable kualitas pelayanan naik satu-satuan maka akan meningkatkan kepuasan konsumen sebesar 0,218 dengan asumsi variabel produk konstan. Apabila variabel produk naik satu-satuan maka akan meningkatkan kepuasan konsumen sebesar 0,339 dengan asumsi variabel kualitas pelayanan konstan. Secara simultan variabel kualitas layanan (X1) dan produk (X2) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT APKOMINDO. Hal ini dapat dibuktikan dari analisis uji F bahwa F hitung > F table (14.324 > 3,195). Hasil analisis secara parsial dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) dan produk (X2) dengan nilai t hitung berturut-turut : 2,327 dan 2,438 berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT. APKOMINDO, dari hasil uji t menunjukkan H2 diterima artinya bahwa variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan secara statistik terhadap kepuasan konsumen, dari hasil uji t menunjukkan H3 diterima artinya variabel produk secara parsial berpengaruh signifikan secara statistik. Hasil analisis secara parsial diketahui bahwa variabel produk (X2) mempunyai nilai thitung paling besar 2,438 hal ini berarti variabel produk mempunyai pengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen PT APKOMINDO. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari adjusted R Square yaitu sebesar 0,352 untuk menjelaskan 35,2% perubahan yang terjadi pada kepuasan konsumen. Sisanya sebesar 64,8% dijelaskan oleh faktor-faktor lain selain kedua variabel tersebut, misalnya harga, biaya, dan emosional. Kata kunci : Kualitas Layanan, kualitas produk, Kepuasan Konsumen.