Detail Data Jurnal

Judul Jurnal
ANALISIS KELAYAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI KECIL PENGHASIL GENTENG KEDUNGGEBANG BANYUWANGI
Kategori Jurnal
JURNAL PROGRESIF
Penulis
EDUWARD TAMBUNAN,-,-
Abstraksi
Kelayakan dan strategi dalam pengembangan usaha merupakan upaya mencari posisi bersaing yang menguntungkan dalam suatu industri atau arena fundamental dimana persaingan berlangsung. Layak tidaknya suatu industri dapat dinilai dari jumlah produk yang dihasilkan serta nilai jual produk tersebut. Selain itu teori pemasaran menyatakan bahwa kunci sukses sebuah perusahaan bersaing tergantung pada penyesuaian secara dinamis terhadaplingkungan yang kompleks dan selalu berubah-ubah.Terjadinya perubahan tersebut ditandai oleh naik turunnya penjualan produk atau jasa yang disebabkan gejolak faktor ekstern (demografi,keadaan, perekonomian, selera konsumen dan pesaingan) serta faktor intern (penjualan oleh perantara dan penyedia keterbatasan sumber daya, teknologi dan motivasi manajemen). Penelitian ini menggunakan sampel data industri penghasil genteng Kedunggebang Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2012. Alat analisis yang digunakan adalah R/C rasio dan analisis SWOT. Hasil analisis menyatakan bahwa industri kecil penghasil genteng ini memiliki kelayakan usaha dan perlu adanya upaya peningkatan daya saing seperti peningkatan SDM para pekerja, menjaga kualitas hasil produksi, pemberian dana pinjaman lunak dan perbaikan infrastruktur pendukung. Kata kunci: kelayakan dan strategi pengembangan