Detail Data Jurnal

Judul Jurnal
PENETAPAN HARGA JUAL DENGAN METODE COST PLUS PRICINGPADA PERUSAHAAN HADI PAVING BANYUWANGI
Kategori Jurnal
JURNAL EKONOMI DAN MANAJEMEN
Penulis
ZAENUDDIN IMAM , - , -
Abstraksi
Usaha produksi paving sekarang sering banyak dijumpai, sehingga persaingan bertambah. Jika harga jual produk terlalu tinggi maka produk yang dihasilkan akan kalah bersaing dengan produk sejenis. Dan sebaliknya jika harga jual produk terlalu rendah maka tujuan perusahaan untuk mendapatkan laba tidak akan tercapai, sehingga dibutuhkan harga jual yang tepat. Penelitian ini dilakukan pada CV. Hadi Sejahtera perusahaan manufaktur paving yang berlokasi di Jl. KH. Hasyim Ashari no. 35 Rogojampi Banyuwangi. Yang berdiri sejak tahun 2007. Obyek dipilih karena perusahaan dihadapkan pada masalah penentuan harga jual yang tepat dengan kondisi persaingan bisnis yang semakin kompetetif. Penentuan Harga jual menggunakan metode cost-plus pricing yaitu dengan cara mementukan ramalan penjualan yang akan datang, menentukan tingkat perputaran persediaan yaitu dengan cara rencana penjualan dibagi dengan persediaan rata-rata. Menentukan budget produksi dengan cara tingkat penjualan ditambah persediaan akhir barang jadi kemudian dikurangi dengan persediaan awal barang jadi. Menghitung biaya produksi (biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik baik tetap maupun variabel) menentukan harga pokok produk per unit dengan memperhitungkan biaya produksi ditambah dengan biaya pemasaran dan administrasi umum dibagi dengan jumlah produksi. Dengan metode cost-plus pricing harus ditentukan terlebih dahulu profit margin tahun 2012 untuk digunakan dalam penentuan harga jual yang layak pada tahun 2013. Kata Kunci : Penetapan Harga Jual, avarage cost, Cost-plus pricing.