Detail Data Jurnal

Judul Jurnal
PENGARUH CITRA MEREK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PEMUTIH WAJAH POND’S PADA ROXY SUPERMARKET BANYUWANGI
Kategori Jurnal
JURNAL EKONOMI DAN MANAJEMEN
Penulis
AGUS RIYANTO,-,-
Abstraksi
Beberapa tahun terakhir ini, Indonesia dipenuhi dengan tumbuh pesatnya industri kosmetik. Hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi perusahaan untuk bersaing diantaranya adalah selalu berusaha mendapatkan cara terbaik untuk merebut dan mempertahankan pangsa pasar. Salah satu cara yang dilakukan adalah memasarkan produknya dengan beriklan. Melalui iklan, produsen dapat menyampaikan kelebihan atau kekurangan produknya, sehingga konsumen dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Agar iklan dapat efektif, iklan harus disampaikan secara menarik, mudah di ingat dan bisa memberikan informasi yang jelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk pemutih wajah Pond’s. Penelitian ini dilakukan di Roxy Supermarket Banyuwangi dengan mengambil sampel 100 orang responden. Analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji regresi linier berganda, dengan terlebih dahulu item-item penelitian diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan analisis regresi linier berganda hasilnya yaitu, Ŷ= 0,262 + 0,982 X1 + -0,080 X2. Variabel citra merek (X1) dan iklan (X2) yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian (Y) adalah variabel citra merek yaitu sebesar 0,982. Kata Kunci: Citra Merek, Iklan, Keputusan Pembelian ABSTRACT