Detail Data Jurnal

Judul Jurnal
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Kategori Jurnal
JURNAL EKONOMI DAN MANAJEMEN
Penulis
HASAN ABDULLAH,-,-
Abstraksi
Pesatnya industri UMKM di banyuwangi khususnya pada UMKM batik sangat pesat dan semakin lama semakin ketat dalam bersaing. Perusahaan harus mampu mengetahui apa yang di butuhkan konsumennya. Banyaknya persaingan pada industri batik sekarang ini, membuat konsumen mempunyai banyak pilihan sebelum menentukan untuk membeli produk batik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 45 responden yang di ambil dari konsumen yang melakukan pembelian di rumah batik pringgokusumo kabat banyuwangi. Pengumpulan data ini di lakukan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji F, uji T dan asumsi klasik. Hasil analisis regresi berganda yaitu, Y= 0,196 + 0,190 X1+ 0,285 X2 + 0,504 X3. Variabel indepneden yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel Harga (0,285) dan di ikuti oleh variabel Promosi (0,504). Koefisien Determinasi (adjusted 𝑅2) yang di peroleh sebesar 0,679. Hal ini berarti 67,9% keputusan pembelian dapat di jelaskan oleh variabel kualitas produk,harga dan promosi , sedangkan sisanya yaitu 32,1% keputusan pembelian di pengaruhi oleh variabel- variabel lainnya yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Harga dan promosi juga berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial, sedangkan Kualitas Produk hanya berpengaruh signifikan secara simultan. Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian.